Apa Kabar Mr. WUPY


Catatan ini sekedar nostalgia saat awal-awal di STMIK Widya Utama Purwokerto, yaitu saat mengikuti lomba desain Maskot Kampus. Coba-coba, siapa tahu dapat juara….ūüôā Kebetulan waktu itu juga baru mengikuti mata kuliah Grafis sama Pak Andi Mustofa.

Dari coba-coba itu alhamdulillah, hasilnya tidak mengecewakan:

Sekali lagi tulisan ini hanya catatan kecil, sekedar pernah punya cerita….ūüôā karena sampai saat ini maskot ini belum dipakai di kampus. Tidak tau kenapa. Mungkin karena kurang memenuhi standar yang diinginkan.

Makna Filosofi Maskot:

Nama Maskot:  Mr. WUPY

1. BADAN
  • Badan utama Mr. WUPY disimbolkan¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† modem nirkabel GSM/CDMA yang merupakan¬†¬† salah¬†¬†¬† satu dari sekian banyak ikon kemajuan ICT.
  • Pada badan Mr. WUPPY terdapat tulisan WUP dan simbol utama pada Logo STMIK WUP (bilangan biner, 1 dan 0)
  • Terdapat gambar 3 gelombang/signal , artinya STMIK WUP mengemban amanat Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat. STMIK WUP diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas.
2. Kepala
  • Bagian kepala Mr. WUPY digambarkan seperti burung. Burung memiliki idealisme tinggi untuk berupaya mengepakkan sayapnya setinggi mungkin meraih impiannya mengelilingi dunia. Artinya kita harus berupaya sekuat tenaga untuk meraih cita-cita.
3. TOGA
  • Mr. WUPY memakai Toga sebagai simbol kompetensi akademik, intelektual, dan profesionalisme.
4. Kaca mata bening
  • Mr. WUPY Berkaca mata bening, melambangkan bahwa dalam memandang sesuatu harus dilihat dengan kebeningan hati, dengan mempertimbangkan berbagai aspek dan paradigma keilmuan. Tidak tiranik (merasa paling benar, yang lain salah)

5. BOLA DUNIA di tangan

  • Artinya dengan kompetensi akademik yang mumpuni, alumnus STMIK WUP diharapkan dapat menggenggam dunia dan menjadi warga kampung dunia (global village) yang baik. ‚ÄúOrang yang akan menguasai dunia adalah mereka yang menguasai komunikasi (ICT)‚ÄĚ (Megatrends 2000; John Naisbitt).
6. JAKET ALMAMATER
  • Mr. WUPY mengenakan Jaket Almamater dengan logo STMIK WUP, sebagai¬† wujud kebanggaan dan kecintaan pada almamater.
  • Mr. WUPY adalah ikon dan duta perguruan tinggi yang selalu menjaga nama baik almamaternya.
7. Motif Batik (Port USB) dan Bakyak
  • Mr. WUPY bermotif Batik pada port USB dan mengenakan Bakyak, sebagai simbol tradisi yang membumi. Artinya, meski idealisme ada di awang-awang, tidak berarti lupa dengan bumi tempat kita berpijak, dimana ada keluhuran budi dan kearifan lokal, sehingga mampu membentengi diri dari pengaruh negatif globalisasi.

[]***[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s