NOTASI DIALOG DAN DESAIN


Dialog dalam arti umum adalah: percakapan antara dua kelompok atau lebih. Dialog dalam konteks perancangan user interface adalah: struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer

Bahasa komputer dapat dibagi atas tiga tingkatan:

1.  Leksikal

  • merupakan tingkat yang paling rendah
  • yaitu bentuk icon pada layar
  • pada  bahasa  manusia,  ekuivalen  dengan  bunyi  dan  ejaan  suatu kata

2.  Sintaksis

  • yaitu urutan dan struktur dari input dan output
  • pada bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar suatu kalimat

3.  Semantik

  • yaitu  arti  dari  percakapan  yang  berkaitan  dengan  pengaruhnya pada struktur data internal komputer dan/atau dunia eksternal.
  • pada  bahasa  manusia,  ekuivalen  dengan  arti  yang  berasal  dari para partisipan dalam percakapan

Dalam  user  interface,  istilah  dialog  hampir  mirip  dengan  tingkat sintaksis, tapi juga meliputi sifat-sifat leksikal.

Dialog manusia-komputer

Berbeda dengan dialog antar manusia pada umumnya, dialog dengan komputer biasanya terstruktur dan terbatas

Beberapa  ciri-ciri  dari  dialog  terstruktur  yang  nantinya  ditemukan dalam dialog komputer:

  • menyebutkan beberapa hal tertentu secara berurutan
  • beberapa  bagian  dari  dialog  dilakukan  secara  bersamaan (concurrently)
  • dialog berikutnya tergantung pada respons dari partisipan
  • dialog  terstruktur  biasanya  tidak  langsung  menuju  pada  arti  kata-katanya / semantik tapi pada level sintaksis

PROSES PERANCANGAN DIALOG

Advice:

  1. Rangkaian  Dialog  menggambarkan  struktur  tugas,  i.e.  1  rangkaian dialog ——–> 1 goal

achieve

  1. Beberapa  rangkaian  dialog  tambahan  digunakan  untuk  user  support, mis. help system, tutorial sub-sytem
  2. Rangkaian dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas

DFD untuk desain dialog

 

Prinsip  yang  digunakan  dalam  desain  dialog  adalah  membagi  system menjadi beberapa bagian yang disebut module

Contoh: Sistem Pemesanan Buku di Perpustakaan

Biasanya user access bukan merupakan bagian dari task description, tapi harus dimasukkan dalam sistem yang baru

Empat  hal  utama  dalam  desain  yang  harus  diperhatikan  dalam  GUI metaphor:

  • Pemilihan dan representasi dari conceptual metaphor
  • Representasi dari obyek interaktif dalam metaphor
  • Perancangan manipulasi untuk mengimplementasikan user action
  • Desain  micro-metaphors  untuk  control  action  dan  representasi dari commands

Dalam  mendesain  dialog,  diperlukan  deskripsi  yang  terpisah  dari program secara keseluruhan.

Mengapa perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah?

  • Agar mudah dianalisa
  • Pemisahan elemen-elemen interface dari logika program (semantik)
  • Apabila  notasi  dialog  ditulis  sebelum  program  dibuat,  maka  notasi tersebut  bisa  membantu  desainer  untuk  menganalisa  struktur  yang  diajukan.

NOTASI DIAGRAMATIK

Notasi diagramatik paling sering digunakan dalam desain dialog

Kelebihan: Memungkinkan  desainer  untuk  melihat  secara  sekilas  struktur dialog

Kekurangan: Sulit  untuk  menjelaskan  struktur  dialog  yang  lebih  luas  dan kompleks

Contoh notasi diagramatik adalah :

  • State transition networks (STN)
  • Harel’ s state charts
  •  Traditional flow diagrams
  •  JSD diagrams

State transition networks (STN)

Komponen STN:

Lingkaran, menggambarkan “state” dari sistem

  • Tanda panah, yang terdapat antara state; disebut juga transisi.
  • Tanda  panah  ini  diberi  label  yang  menjelaskan  tentang  tindakan  user yang menyebabkan transisi dan response dari sistem.

STN dapat menggambarkan beberapa pilihan dialog:

  • Urutan tindakan dan response dari sistem (sequence)
  • Pilihan bagi user (choice)

dari  contoh:  dari  state  Menu,  user  dapat  memilih  “Circle”  sehingga sistem berpindah ke state Circle-1 sehingga option “Circle” highlight; alternatif  lain,  user  dapat  memilih  “Line”  sehingga  sistem  berpindah ke state Line-1.

  • Iterasi (iteration)

dari  contoh:  terdapat  pilihan  dari  state  Line-2:  user  dapat  melakukan double  click  pada  suatu  titik  dan  menyelesaikan  polyline,  berpindah ke  state  Finish;  atau  user  dapat  melakukan  single  click  yang  berarti menambah  titik  baru  pada  polyline  sehingga  terjadi  transisi  kembali ke state Line-2

STN  Hirarki  dapat  digunakan  untuk  mendeskripsikan  suatu  system lengkap.

Flow Chart

  • Flow Chart digunakan untuk mendeskripsikan dialog yang sederhana
  • Flow Chart mudah dimengerti dan simple

Contoh penggunaan flow chart dalam desain dialog:

Keterangan:

  • Persegi panjang adalah  screen  yang  digunakan  untuk berkomunikasi dengan user
  • Segi-enam adalah proses dan keputusan yang dibuat oleh sistem
  • Elips “Finish” berarti kembali ke menu utama
  • Tape berarti membaca atau mengubah database

LINK TO PROGRAMMING LANGUAGE

  • Sequences dalam notasi dialog dapat  langsung  ditransformasikan  ke bahasa pemrograman dalam bentuk Sequence and Selection
  • Modularity  dalam  desain  dialog  Π event  handling  dalam  bahasa pemrograman (misal VB)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s