Keunggulan GUI, CLI dan VUI


A.  GUI  (Graphic User Interface)

GUI adalah tipe antar muka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan system operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk (pounting device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen unta dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP (window, icon, menu, pointing device).

GUI memberikan keuntungan seperti:

  1. Mudah dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup minim, karena user dihadapkan pada gambar, icon, symbol sehingga masing-masing fungsi gambar tersebut lebih mudah diingat
  2. Tidak perlu mengingat baris-baris perintah
  3. Tampilan menarik sehingga pengguna akan lebih mudah dalam menggunakan, factor psikologi berberan besar dalam menimbulkan semangat dan minat untuk berinteraksi.
  4. Saat ini GUI sudah sering digunakan sehingga komponen yang sebenarnya membutuhkan spesifikasi lebih tinggi (dibanding CLI) akan menjadi tetap murah harganya.
  5. Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi dimungkinkan
  6. Akses penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan

B.  CLI (Command Line interface)

CLI adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi denga sistem operasi atau komputer tersebut. CLI adalah tipe antar muka dimana pengguna berinteraksi dengan system operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di system operasi tersebut dengan mengetikkan baris-baris tertentu. Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap system operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda bentuk CLI-nya. Contonya UNIX memberi nama untu CLI-nya dengan nama bash, ash, ksk, dan lain-lain. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberikan nama command.com, atau Command Prompt untuk CLI-nya

Keunggulan CLI antara lain:

  1. Membutuhkan spesifikasi hardware yang jauh lebih rendah disbanding GUI
  2. Dapat melakukan perintah yang lebih spesifik yang tidak bisa dilakukan oleh GUI.
  3. Akses cepat.
  4. Berpindah dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi

C.  VUI (Voice User Inverface)

Aplikasi Antarmuka Suara Pengguna atau Voice User Interface (VUI) yang menggunakan teknologi pengenalan ucapan dimana pengendalian saklar lampu. Misalnya, tidak dilakukan secara manual dengan menggerakkkan saklar tetapi cukup mengeluarkan parintah dalam bentuk ucapan sebagai saklarnya. Metode ini membantu manusia yang secara fisik tidak dapat menggerakkan saklar karena cacat pada tangan. Penerapan VUI ini tidak hanya untuk lampu saja tetapi bisa juga untuk aplikasi-aplikasi control yang lain

Keunggulan VUI (Voice User Inverface)

  1. Cepat. Teknologi ini mempercepat transmisi informasi dan umpan balik dari transmisi tersebut. Contohnya pada komando suara. Hanya dalam selang waktu sekitar satu atau dua detik setelah kita mengkomandokan perintah melalui suara, komputer sudah memberi umpan balik atas komando kita.
  2. Mudah digunakan. Kemudahan teknologi ini juga dapat dilihat dalam aplikasi komando suara. Komando yang biasanya kita masukkan ke dalam komputer dengan menggunakan tetikus atau papan ketik kini dapat dengan mudahnya kita lakukan tanpa perangkat keras, yakni dengan komando suara.
  3. Bisa digunakan oleh orang dengan keterbatasan, misal orang yang tuna netra, orang cacat tubuh dibagian tangan.
  4. Faktor keamanan jauh lebih tinggi
  5. Pada keadaan tertentu bisa sangat menguntungkan dengan sifat yang ‘direct access’
  6. Komunikasi antara manusia dan komputer dapat berlangsung secara lebih efisien karena metode komunikasi antara manusia dan komputer dengan menggunakan media suara.
  7. Dalam pengoperasian komputer akan menjadi lebih praktis karena hanya membutuhkan suara saja dan tidak perlu menggerakkan tangan.
  8. Kita bisa memasukkan input atau melakukan suatu perintah dengan menggunakan suara kita yang berupa frase-frase tertentu.
  9. Kita dapat mengoperasikan komputer dari tempat yang jauh sekalipun asal suara masih dapat terdengar dengan jelas.
  10. Karena mengunakan suara, kita dapat mengoperasikanatau memberiperintah dengan tidak melihat computer [***]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s