Perbandingan Interface Blogger dan WordPress


 Posting ini dibuat untuk memenurohi tugas Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer pada STMIK Widya Utama Purwokerto, Dosen: Nahar Mardiyantoro, M.Kom.

 A.    PENDAHULUAN

Pertama saya belajar blog awal tahun 2010. Waktu itu saya mengiktui pelatihan Blogger pada bulan Februari 2010. Alamat blog saya http://zaenalkhayat.blogspot.com . Tapi tidak tahu bagaimana, perkembangannya lambat sekali. Meskipun ada keinginan untuk posting, tapi saya merasa kesulitan menggunakan Blogspot. Sampai akhirnya pada bulan Maret 2010, saya mengikuti lagi pelatihan pembuatan blog dengan WordPress. Saya membuat lagi blog di WordPress dengan alamat http://zaenalkhayat.wordpress.com

Tidak tahu bagaimana saya merasa lebih nyaman menggunakan WordPress. Sampai akhirnya hampir-hampir saya meninggalkan blog saya di blogspot.  Saya lebih banyak posting di wordpress. Bahkan sampai tahun ke-2, bisa dilihat jumlah postingannya, pada Blogspot hanya 21 posting, tapi pada WordPress sudah mencapai 68 postingan. (per April 2012)

Tapi saya merasa masing-masing ada beberapa kelebihan dan kekurangannya. Dan untuk menyeimbangkan kedua blog tersebut, saya juga membuat beberapa akun lagi baik dengan menggunakan blogger maupun wordpress, antara lain:

  1. https://sia201108s.wordpress.com
  2. http://mwcnukarangoncol.wordpress.com
  3. http://mtsnegeribobotsari.blogspot.com dan
  4. http://mamamikyal.blogspot.com

B.     PERBANDINGAN INTERFACE ANTARA BLOGGER DAN WORDPRESS

Secara umum Blogger (blogspot) dengan WordPress itu sama saja, keduanya sama-sama penyedia plaftform gratis. Tetapi banyak juga perbedaan keduanya. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Perbandingan interface (antar muka) kedua blog tersebut antara lain:

1. User Interface atau Kemudahan pengoperasian. Keduanya memiliki tata letak menu yang berbeda, keduanya juga mudah dioperasikan karena menyediakan layanan dalam bahasa Indonesia.

2. Tampilan Preview Blog. Baik Blogspot maupun WordPress sama-sama bagus dan menarik. Dapat dilihat tampilan berikut:

Blogger                                                                                  WordPress

3. Tampilan Login. Untuk masuk ke Blogger maupun WordPress ada sedikit perbedaan. Bisa dilihat pada tampilan berikut:

Untuk masuk ke admin Blogger memasukkan e-mail dan password, sedangkan untuk masuk ke WordPress bisa memasukkan e-mail atau username dan password.

Blogger                                                                                  WordPress

Pada blogger ada tampilan “tunggu” saat masuk ke admin, tapi ada WordPress tidak ada tampilan “tunggu”

Sebelum masuk Login, Blogger harus meng-klik Menu Masuk terlebih dulu pada pojok kanak tampilan kemudian akan muncul tampilan Sign ini seperti di atas. Sedangkan untuk masuk ke admin WordPress harus mengetikkan dulu/wp-admin pada alamat URL. Contoh: http://zaenalkhayat.wordpress.com/wp-admin.

4. Tampilan Dashbor (halaman admin). Baik Blogger maupun WordPress memiliki menu yang hampir sama, tapi sajian tampilannya berbeda. Seperti gambar berikut:

Blogger                                                                                  WordPress

5. Fitur, Widget dan Tata Letak. Posisi menu sama yaitu di sebelah kiri sedangkan pengaturan widgetnya ada disebelah kiri. Bedanya kalau Blogger sudah muncul tata letaknya, sedangkan WordPress pengaturan widget disesuaikan dengan templet/tema yang dipilih.  Fitur. Baik blogger maupun WordPress terdapat banyak fitur, tetapi blogger lebih menonjol dalam hal ini, karena blogger menyedian fitur pengeditan html, maka kita bisa menambah widget dari bloger maupun pihak ketiga yang akan mempercantik tampilan blog,  kita juga bisa juga menambah javascript. Sedangkan fitur pada WordPress sangat terbatas, kita idak bisa menambah widget dari pihak ketiga. Namun ini menguntungkan bagi pengunjung blog WordPress,  karena tidak berisi widget-widget, blog WordPress sangat ringan, jadi tidak membutuhkan waktu lama dalam loading halaman blog.

 

Blogger                                                                                  WordPress

6. Template. Blogger memberi fasilitas bagi penggunanya untuk berkreasi merubah template default, sehingga kita bisa merubah tampilan blog sesuai dengan keinginan kita. Bila kita kurang paham dengan kode HTML, banyak situs yang menyediakan template blogger gratis. Sedangkan WordPress tidak terdapat fitur tersebut, pengguna diharuskan memakai template-template yang telah disediakan oleh penyedia layanan. Tetapi template yang disediakn cukup menarik sebagai tampilan blog kita. Semua tergantung dari pembuat blog itu sendiri.

Blogger                                                                                  WordPress

7. Di wordpress membuat halaman lebih mudah dan simple disbanding blogger.

Blogger                                                                                  WordPress

8.  Entri Baru. Menu untuk membuat entri baru (posting baru) pada Blogger ada di toolbar atas sejajar dengan bloger dan previes blog, sedangkan pada WordPress penulisan baru dapat dilakukan dari Menu dengan submenu pulldown.

Blogger                                                                                  WordPress

 Blogger                                                                                  WordPress

9. Statistik. Grafik dan data lengkap jumlah pengunjung blog. Pada keduanya terdapat fitur ini. Sehingga kita bisa melihat data pengunjung blog kita. Pada blogger lebih lengkap dengan menampilkan sumber lalu lintas/link, asal Negara pengunjung, jenis mesin pencari, dan jenis OSnya.

Blogger                                                                                  WordPress

10. Komentar. Untuk memberikan komentar WordPress menyediakan kotak komentar yang user friendly, sehinga sangat mudah untuk memberikan komentar pada blog-blog WordPress. Kita juga bisa mengedit komentar-komentar yang kurang kita sukai. Sedangkan blogger perlu settingan lebih lanjut untuk manjadikannya seperti kotak komentar WordPress. WordPress menyediakan form komentar yang user friendly sedangkan Blogger agak ribet untuk memberikan sebuah komentar, tapi jika Kita bisa mensettingnya tentu saja bisa user friendly.

                                                WordPress

11. Blogger menyediakan menu Drag Drop yang mudah untuk di gunakan, sedangkan WordPress sulit Drag Drop edit element halaman.

12. Blogger support Google Adsense yang mudah untuk kita gunakan pada Edit elemat halaman, sedangkan WordPress tidak mensupport Google Andsense, meskipun banyak yang menyediakanplugin google Adnsense

13. WordPress lebih unggul dalam kasus menanggulangi spam karena telah di lengkapi dengan plugin anti spam.

14. Blogger dapat di lakukan dengan moderation order dari commenting systemnya. Para pengguna Blogger mudah bertukar link. Apabila telah mempunyai domain dan hosting sendiri software WordPress telah tersedia dan siap di install di cpanel. Sedangkan Blogger tidak tersedia disana. Tetapi kita juga bisa menggunakan domain dan hosting pada Blogger.

15. Pembuatan Link. Pada blogger diatur melalui tata letak, sedangkan pada WordPress melalui Menu pada Dashbor. Pada wordpress lebih simple.

Blogger                                                                                  WordPress

16. Interface Daftar Posting. Pada blogger memuat judul tulisan, penulis, jumlah komentar, jumlahpengunjung dan tanggal entri. Sedangkan pada WordPress memuat judul tulisan, penulis, statistic pengunjung, jumlah komentar, jumlah suka, dan tanggal entri.

Blogger                                                                                  WordPress

17. Monetisasi blog. Blogger memberi keleluasaan bagi penggunanya untuk meraih keuntungan dari blogging, salah satunya melalui Google Adsense, selain itu kita bisa menambah widget berupa kode html yang nantinya akan kita isi dengan link-link promosi, kode-kode affiliasi, dll. Sedangkan WordPress tidak mengizinkan penggunanya mencari tambahan penghasilan dari blogging. karena pendiri WordPress pernah berkata “Blog itu bukan untuk mencari uang. Tapi bagus juga bila kita bisa mendapatkan uang berkat ngeblog.”

18. Custom Domain. Blogger lebih unggul dari segi biaya, karena kita tidak perlu membeli web hosting, kita cukup menggunakan blogger sebagai webservernya. Sedangkan WordPress apabila kita ingin membeli custom domain maka kita juga harus membeli web hosting.

C.    KESIMPULAN DAN SARAN

1.  Kesimpulan

Baik Blogger maupun WordPress masing-masing punya kelebihan dan kelemahan. WordPress adalah salah satu platform blogging yang sudah sangat terkenal dan sangat banyak dipakai di dunia. WordPress menyediakan berbagai fitur yang cukup lengkap dan mudah dipahami, sehingga termasuk platform yang mudah dipakai. WordPress merupakan pesaing utama Blogger, sebuah platform yang sejenis pula, dan dalam beberapa hal WordPress memang lebih baik daripada Blogger, karena WordPress menyediakan fitur yang lebih banyak dari Blogger. Namun Blogger men-support fleksibilitas yang tak terbatas, tanpa perlu upgrade atau sejenisnya, asal kita mempunyai pengetahuan yang cukup banyak tentang kode-kode HTML yang cukup rumit. Blogger juga menyediakan fitur dimana kita bisa mengobrak-abrik template blog kita, sementara WordPress hanya menyediakan sedikit fitur untuk itu (itupun tergantung template yang kita pakai).

Jika ingin mendapatkan fitur-fitur yang lengkap, maka kita harus meng-upgrade versi WordPress yang kita miliki menjadi hosting sendiri (ciri-cirinya tidak lagi menggunakan wordpress.com di alamat blog kita). Namun bagi yang tidak mau mengeluarkan uang, WordPress gratisan sudah cukup lengkap.

Jika ingin membuat blog (dan sebaiknya, ya) Kita sekarang tinggal memilih platform mana yang mau digunakan. Namun jika ingin membuat website yang benar-benar dibikin sendiri, Kita bisa menggunakan Microsoft Office FrontPage. Jika Kita ingin menggunakan platform Blogger, Kita bisa melihat video tutorial cara membuatnya di Video Cara Membuat Blog dengan Blogger. Jika Kita ingin menggunakan platform WordPress (gratis) Kita bisa melihat cara membuatnya di Tutorial Cara Membuat Blog dengan WordPress. Jika ingin menggunakan WordPress berbayar, buat dulu yang versi gratis terus beli domainnya (biasanya ada di situs-situs hosting web, seperti rumahweb.com).

LALU Pilih wordpress atau blogspot? Pertanyaan yang sering di lontarkan bagi para blogger pemula. Sebenarnya tidak hanya blogger.com dan wordpress.com  saja penyedia layanan blog gratis, ada banyak lagi penyedia layanan blog gratis. Lalu kenapa wordpress dan blogspot yang dipertanyakan? Karena keduanya yang banyak digunakan oleh para blogger.

Secara garis besar:

  • User Friendly Interface : bagi saya user friendly atau tidak, itu bergantung intensitas penggunaan masing-masing user.
  • Banyak Tempalate : keduanya sama-sama memiliki template yang beragam. Dari free template samapi yang berbayar.
  • Domain sendiri: keduanya sama-sama mendukung untuk pemilihan domain sendiri.

Dan perbedaan yang menonjol antara keduanya adalah:

  • Bila mempunyai domain dan hosting sendiri software WordPress telah tersedia dan siap di install di cpanel. Sedangkan Blogger tidak tersedia disana.

2.  Saran

Saran saya, jika Kita masih pemula dan baru memulai blogging, pilihlah WordPress gratis, karena memiliki interface yang lebih baik (menurut saya) ketimbang Blogger. Jika Kita sudah cukup mahir dengan kode-kode HTML dan ingin menikmati semua fitur blogging, gunakan Blogger. Namun jika ingin membuat website untuk kepentingan profit (agar terlihat professional) maka pilihlah WordPress hosting sendiri atau Blogger yang domainnya sudah diubah (tidak lagi menggunakan blogspot.com di alamat web). Mengubah domain Blogger sebenarnya mudah, Kita bisa mencari orang yang mampu melakukannya (bisa dicari di forum-forum). Bila kamu ingin lebih gampang mengutak-atik blog kamu, lebih baik menggunakan blogger.com. Bila sekedar untuk menulis dan berbagi informasi serta memakai domain pribadi, pakai saja wordpress. karena wordpress menyediakan multi page. Kalau bisa, pakailah keduanya karena masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan.

2 thoughts on “Perbandingan Interface Blogger dan WordPress

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s